Rabu, 03 November 2010

Menjadi orang yang bahagia (edisi: ONIGIRI)

Waktu baca manga “Fruits Basket” karyanya Natsuki Takaya, aku dapat pencerahan (halah)
Gini, dalam manga itu ada tokoh bernama Kyo dan Yuki. Jadi dua anak cowok ini hobi banget berantem. Kalo ketemu kagak pernah akur. Kerjanya ngancurin rumah aja saking seringnya tonjok2an.

Usut punya usut, ternyata dua orang itu saling iri. Yuki iri sama Kyo yang punya sifat ceria n slalu bisa akrab sama orang lain. Beda banget sama Yuki yang pendiam. Eh, taunya si Kyo ini juga ngiri sama Yuki. Coz, si Yuki kan cakep, pinter lagi. Selalu jadi sumber kehisterisan cewek2 di skolahnya.

Nah, ada satu lagi tokoh yang namanya Toru. Dia bingung kenapa mereka berdua itu selalu bertengkar, padahal kan keduanya saling iri pada kelebihan lawannya masing2. Jadi, si Toru ini bilang. Mungkin aja letak kelebihan mereka itu sebenarnya ada di punggung.




Kayak onigiri.

Tau onigiri kan? Nasi kepal ala Jepang itu (kayak gambar yang di atas)

Onigiri punya umeboshi (bagian wana hitam yang lengket di nasi onigiri).
Jadi ceritanya umeboshi itu melekat dipunggung si onigiri. Makanya manusia itu kadang2 kayak onigiri, di setiap punggung kita sebenarnya ada umeboshi dengan berbagai macam bentuk, warna dan rasa. Tapi karena ada di punggung belakang, mungkin kita sendiri jadi gak bisa melihatnya n kadang itu bikin kita jadi kecil hati dan rendah diri. Kayak onigiri yang selalu merasa kalo dia gak punya apa2 dan dia gak lebih dari nasi putih biasa. Padahal sebetulnya di punggungnya ada umeboshi yang melekat. Padahal sebetulnya kita punya kelebihan di diri kita masing2.

Jadi jangan pernah buang2 waktu untuk berpikir menjadi orang lain. Karena sebenarnya hidup ini terlalu singkat untuk menjadi orang lain, kan?

Kalau kita iri sama orang lain, mungkin karena kita bisa lebih jelas melihat umeboshi punya orang itu. Sekarang pun mungkin ada yang iri pada sesuatu yang kita miliki, dan mungkin ada juga yang kagum sama kita, tapi kita gak menyadarinya. Mungkin kalau kita memikirkan hal itu, kita akan lebih bersemangat untuk menjadi diri kita sendiri.

Soalnya, kalau kita mau jadi orang yang bahagia dan bisa mencintai orang lain. Hal terpenting yang harus kita lakukan lebih dulu adalah menyukai diri sendiri.

NB: Tapi jangan terlalu sering melihat umeboshi-mu sendiri, nanti tanpa sadar kamu bisa berubah jadi orang yang dibenci loh

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar