Senin, 03 Mei 2010

JANGAN TERLALU LAMA BERHENTI!

02 Mei 2010

Selama ini kupikir...
Tidak ada salahnya kalau aku duduk sebentar dan beristirahat
Tapi ternyata saat aku sadar
Aku sudah sangat jauh tertinggal.

Ada yang pernah bilang padaku.
Di dunia ini bukan tempatnya untuk beristirahat.
Karena hidup ini adalah perjalanan yang panjang
Sebuah perjuangan
Jadi sementara aku diam, dunia akan tetap berputar.
Orang-orang akan terus melangkah tanpa menungguku.
Waktu tidak akan berhenti walaupun aku menuding langit dan berteriak-teriak
“Hei! Tunggu dulu! Aku capek“
Percuma saja. Itu hanya akan membuatku semakin tertinggal.

Aku boleh mengeluh, aku boleh merasa lelah
Tapi aku tidak boleh terlalu lama berkutat dengan itu.
Hari ini aku semakin sadar.
Aku sudah lengah cukup lama.
Orang-orang di sekitarku mulai melewatiku.
Bahkan ada yang hanya terlihat punggungnya saja.
Dia sudah berada sangat jauh di depan sana.
Di sorot lampu yang sangat terang.
Dan aku hanya bisa menjadi penonton.

Padahal dulu aku pernah merasakan hal itu.
Pernah mendapatkan sinaran lampur terang yang sama.
Pernah mendengar orang-orang berkata.
“Gie, kau berbakat. Kau pasti akan jadi orang yang berhasil“
Tapi itu dulu...
Ternyata itu sudah lama sekali.
Aku bahkan sudah lupa kapan terakhir kali aku mendengar kalimat itu diucapkan padaku.

Aku sudah terlalu lama beristirahat.
Sudah terlalu lama tak melakukan apa-apa.
Entah karena aku pikir sudah pernah mencapai puncak itu, aku sudah ada di posisi yang aman. Padahal aku bisa dijatuhkan kapan saja.
Dan aku baru menyadarinya sekarang.
Saat semakin banyak orang yang juga sudah berhasil mencapai puncak yang sama.
Saat tempat di puncak itu semakin menyempit dan harus menjatuhkan beberapa orang.
Ternyata aku termasuk di antara orang-orang yang jatuh itu.

Hhh... aku harus memulai lagi.
Memanjat puncak itu lagi.
Supaya aku bisa mendapatkan sorotan lampu dan tidak menjadi penonton lagi
Supaya aku berada di posisi yang aman sampai tiba waktunya aku beristirahat nanti.
Karena memang dunia ini bukan tempat untuk beristirahat.
Dan sementara aku terus diam,
Bumi akan tetap berputar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar