Jumat, 30 Juli 2010

Ajib juga tu Suku Inca


Di Republik Peru, Amerika Selatan, ada wilayah kerajaan yang membentang dari Amazon hingga pegunungan dan gurun Andes. Konon ini adalah tempat berkembangnya peradaban Andes. Nah di sini ini ada bekas ibukota Cusco yang dulu merupakan pusat pemerintahan kerajaan Inca. Peradaban Andes diperkirakan berawal pada 2500 SM. Salah satu bagian dari peradaban tersebut, yaitu kerajaan Inca berjaya selama tiga abad. Mulai abad XIII hingga penjajahan bangsa Spanyol pada abad XVI.

Di sini juga ada yang disebut Coricancha, kuil dewa matahari yang merupakan pusat dari seluruh kegiatan religius bangsa Inca. Konon tempat ini dulunya dipenuhi oleh emas, seperti jagung emas yang ditanam di halaman, patung emas berskala 1:1, dan sebagainya. Tapi, bangsa Spanyol merampas segalanya, bahkan mengubah kuil ini menjadi gereja Kristen, seperti yang dapat dilihat dari salib yang sekarang ada di puncak bangunan tersebut.

Selain itu, ada juga lubang yang terdapat di Coricancha ini, di ujung lubang itu ada jaringan terowongan raksasa. Ujung terowongan itu katanya mencapai Equador dan Bolivia, terus juga (masih) katanya merupakan pintu masuk menuju kota emas Inca. Konon emas-emas itu adalah yang disembunyikan orang Inca dari tangan Spanyol. Dulu Spanyol mati-matian menyelidiki terowongan ini. Tapi keberadaan kota emas tetap terkubur dalam misteri, katanya terowongan ini adalah labirin raksasa, kalau masuk gak akan pernah bisa keluar lagi. Tahun 1923, Universitas Lima mengirimkan 5 peneliti untuk menyelidiki tempat ini, tapi cuma satu orang yang kembali setelah 12 hari. Tapi orang itu pun langsung meninggal dengan sebuah jagung emas dalam genggamannya. Setelah itu, terowongan ini pun ditutup.

Di sini juga ada yang namanya Kota Langit Machu Picchu yang dibangun sekitar tahun 1440 sebagai tanah peristirahatan keluarga raja. Ada berbagai cerita dibalik pembangunannya yang berlokasi di tempat (gunung) yang sangat tinggi. Ada yang bilang, bagi orang Inca yang menyembah matahari, tempat yang paling dekat dengan langit adalah tempat paling ideal untuk tinggal. Ada juga yang bilang, gunung itu kalau dilihat dari samping (landscape), bentuknya jadi menyerupai wajah raja. Begitu.


Contoh Beberapa Quipu suku Inca

Inca atau Imperio Inca adalah nama pemberian orang Spanyol, nama sebenarnya dalam bahasa setempat adalah Tawantin Suyu, yang berarti ”empat propinsi”. Kerajaan Inca seluruhnya dihubungkan dengan jalan darat, dan ada nama jalan yang terkenal disebut dengan ”Inca Trail”. Konon kabar berita dari seluruh negeri dikumpulkan dan disampaikan melalui seorang pelari cepat. Si pelari itu membawa benda yang disebut Quipu. Quipu adalah semacam surat yang terbuat dari kumpulan simpul tali. Dulu peradaban Andes gak kenal tulisan, makanya mereka gak meninggalkan catatan sejarah. Jadi peradaban Andes pun sampai sekarang masih misteri.

Sumber : “ The Sun and a Folklore – C.M.B jilid 09”. Manga, by: Motohiro Katou.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar