Jumat, 30 Juli 2010

Anna Maria Sibylla Merian (1647-1717)

Maria Sibylla Merian adalah pelukis wanita kelahiran Jerman abad XVII. Wanita luar biasa yang terkenal sebagai ahli serangga dan tumbuhan, industrialis, dan seorang petualang. Kedetilan dan keindahan sketsa yang dibuatnya menjadikan dirinya terkenal juga sebagai seorang pelukis. Dia membuat gambar bunga yang dijadikan dasar sulaman serta motif penghias keramik. Di lain pihak, dia mencurahkan hidupnya untuk mempelajari kehidupan serangga. Memang agak unik sih, karena jarang ada ilmuwan yang menggambar/melukis. Tapi sekarang ini memang sudah ada foto, sehingga mudah mengambil gambar. Kalau zaman dulu kan cuma bisa menggambar secara langsung. Makanya penting bagi seorang peneliti flora fauna atau ahli geografi untuk bisa melukis secara detail. Tidak sedikit gambar mereka yang dinilai sebagai karya seni. Di antaranya, lukisan Merian merupakan yang paling populer karena keindahannya. Konon harga kumpulan gambar asli cetakan pertamanya dihargai hingga 200 juta yen. Hebat, kan. Ilmuwan sekaligus seniman. Berarti otak kanan dan kirinya ajib banget!

Masih ada lagi. Mbak Merian itu waktu orang-orang dulu percaya bahwa serangga terlahir dari lumpur busuk (Kalau tidak salah, ini teorinya Kang Aris Toteles). Dia mengumumkan hasil pengamatannya, bahwa serangga lahir dari telur, kemudian bermetamorfosis. Padahal di masa itu, tindakannya bisa dianggap sebagai kegiatan sihir yang bisa mengakibatkan dirinya terbunuh. Tapi dia tetap berkeras mempertahankan pendapatnya dan bilang kalau dia dengan sangat yakin melihat metamorfosis itu sendiri. Dia kemudian bercerai dengan suaminya yang tidak mau pengertian akan penelitiannya, dan dia membesarkan kedua putrinya sambil mengelola studio melukis. Mbak Merian yang hebat ini masih belum puas dengan itu, di usianya yang kepala 5, dia pergi mengarungi lautan luas dan terus meneliti flora fauna hutan tropis di Suriname, Amerika Latin. Setelah kembali ke tanah airnya, dia menerbitkan buku berjudul ”Metamorphosis Insectorum Surinamensium” yang menjadi Best Seller. Buku ini diterbitkan pada masa-masa akhir hidupnya dan merupakan karya ternama yang dinilai tinggi oleh para bangsawan dan orang kaya di zamannya.

Setelah meninggal pun, potret dirinya digunakan sebagai gambar perangko serta lembaran uang 500 mark. Terus, cucunya juga ada yang menikah dengan matematikawan ternama – Leonhard Euler. Anna Maria Sibylla Merian, dia benar-benar orang yang seperti tanki energi (kata Shinra). Rasanya setelah dengan cerita tentang dia, semua orang jadi pengen bermetamorfosis.

Sumber : “Ther Metamorphosis – C.M.B jilid 09”. Manga, by: Motohiro Katou.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar