Jumat, 30 Juli 2010

Mitos Piramid (1)

Tiga Piramida Agung Giza terdiri dari Piramid Raja Khufu, Raja Khafre, dan Raja Menkaure. Piramid Raja Khafre terlihat paling besar kalau dilihat dari depan, tapi sebenarnya piramida tertua dan terbesar sebenarnya adalah piramida raja Khufu yang ada di paling ujung, dibangun kira-kira 4500 tahun silam.

Sebenarnya piramid bukan bangunan tunggal. Piramid, altar upacara, jalan suci, kuil bibir sungai, keempatnya adalah satu kesatuan. Singkatnya, kompleks piramid.
Kuil bibir sungai adalah tempta dimana mumi Pharaoh dibuat. Sesuai namanya, pada masa itu, bibir sungai Nil mencapai tempat berdirinya kuil tersebut. Lalu jalan yang menghubungkan tempat itu ke piramid disebut jalan suci. Jalan ini juga digunakan untuk mengangkut batu semasa pembuatan piramid. Dan altar upacara adalah tempat dimana upacara pemakaman Pharaoh dilaksanakan.

Nah, ada yang sangat menarik dalam cerita tentang piramid ini. bangunan sebesar itu, bagaimana cara orang jaman dulu membuatnya?

Ada satu pendapat dalam karyanya Motohiro Katou (C.M.B) – yah... kita kan harus menghargai semua pendapat, jadi gak ada salahnya kalau pendapat (sebodoh apapun) tetap dimuat. Ok, begini...
Katanya, bangunan semegah dan sebesar itu gak mungkin dibangun oleh tangan manusia. jadi sudah pasti dibangun makhluk asing/makhluk luar angkasa (!?) atau lebih tepatnya, orang Mesir dulu membangunnya dengan bantuan makhluk luar angkasa. Sebagai buktinya, ukuran piramid dibuat berdasarkan ukuran luas planet bumi, jarak bumi ke matahari, dan rotasi matahari. Ini adalah pengetahuan yang gak mungkin dimiliki manusia pada jaman itu. Selain itu juga ada yang namanya ‘pyramid power’, penjelasannya adalah sebuah apel yang diletakkan di dalam piramid terbukti mampu mempertahankan kesegarannya lebih lama (Memangnya piramid itu kulkas? Kurasa, kapan-kapan aku bakal bawa apel kalau berkunjung ke sana dan membuktikan sendiri setelah beberapa hari apa memang benar tu apel bakal lama busuknya)

Tapi...

Untuk apa juga makhluk luar angkasa repot-repot membangun piramid di bumi?
Katanya, piramid adalah alat transportasi ke luar angkasa (makin dibahas makin bodoh, ya). jadi, tubuh manusia yang gak bisa bertahan di luar angkasa diubah jadi mumi sebelum diberangkatkan ke luar angkasa. Kemudian dengan pyramid power, mereka dikirim ke luar angkasa dan akan terlahir kembali di planet mereka.

Tuing...(???)

Tapi katanya, itulah sebabnya kenapa sampai saat ini gak ada mumi yang ditemukan di dalam piramid

Fuuuhhh... kok rasanya jadi sulit dipercaya, ya?

Tapi, pyramid power itu mungkin memang benar-benar ada, loh. Tergantung dari cara kita memikirkannya, sampai sekarang belum ditemukan bukti pasti kenapa piramid itu ada. Karena itu, orang pun membayangkan berbagai kemungkinan, dan banyak teori seputar hal itu. Kata Shinra, Piramid tidak pernah memberikan jawaban atas misterinya sedikitpun sejak ribuan tahun silam. Ada orang yang rela menghabiskan hidupnya untuk meneliti misteri itu, ada juga orang yang mengembangkan fantasi liar tentang keberadaan piramid (termasuk keterlibatan alien dalam pembuatannya – benar-benar fantasi liar).

Tapi tetap aja piramid memiliki pesona dan kekuatan yang mampu membakar semangat manusia, dengan sosok raksasa yang memiliki keindahan geometrisnya itu. Shinra berpendapat kalau sebenarnya itulah yang disebut dengan ‘pyramid power’.
Piramid adalah bangunan yang penuh teka-teki.

Sumber: Motohiro Katou, “Canopus – C.M.B. Vol. 06”
Bersambung ke “Mitos Piramid (2)”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar