Jumat, 30 Juli 2010

The Turk (Orang Turki)

Boneka otomaton pemain catur yang diciptakan tahun 1769 oleh insinyur berkebangsaan Hungaria, Wolfgang Von Kempelen sebagai persembahan untuk Ratu Maria Theresia. Kemampuannya setara dengan pemain catur profesional di zaman itu.

Yah... sebenarnya boneka ini dulu dianggap penuh misteri.
Well, begini ceritanya. The Turk ini adalah boneka karakuri terkenal. Di abad ke-18, Eropa dilanda demam mekanik. Tahun 1769, seorang insinyur berkebangsaan Hungaria, Wolfgang Von Kempelen berniat untuk mempersembahkan sesuatu untuk Ratu Austria. Dia pun menuangkan seluruh kemampuannya untuk meciptakan boneka terhebat. Yaitu The Turk ini. Boneka tersebut bisa bermain catur. Dan yang mengejutkan, bukan cuma bisa, tapi juga sangat mahir. The Turk mampu menyesuaikan permainannya dengan permainan lawan. Orang-orang langsung menganggapnya sebagai boneka yang mampu berpikir. Konon itulah yang menjadi ilham diciptakannya komputer.
Kabar angin tentang The Turk pun menyebar ke seluruh Eropa. Banyak orang yang ingin menantang The Turk. Tapi boneka karakuri ini sangat hebat.

The Turk bahkan pernah bertanding melawan kaisar Prancis, Napoleon Bonaparte, Ratu Rusia Ekaterina II, kemudian menyebrang ke Amerika melawan Benjamin Franklin.
Dan rahasia The Turk pun menjadi misteri dunia.

Kenapa dia bisa bermain catur?

Tapi gak pernah ada yang membeberkan rahasia The Turk. Tahun 1854, bersama dengan terbakarnya museum Amerika, rahasia The Turk pun terkubur dalam sejarah.

Sebenarnya, daripada misteri, The Turk itu lebih tepat disebut sebagai sebuah trik.
Jadi, The Turk ini bukanlah sebuah boneka mekanik, tapi ada orang yang masuk ke dalam dan menggerakkannya. Triknya cuma memasukkan orang yang jago main catur ke dalamnya. Ternyata cuma itu aja, kok.

Kenapa rahasia The Turk ini bisa terjaga demikian lama?
Karena setiap orang yang membelinya pasti tutup mulut tentang rahasia The Turk ini supaya bisa menjualnya kembali. Jadi saling tipu gitu...

Unik, ya.

The Turk lebih tepat disebut ‘sulap’ daripada boneka karakuri. Triknya adalah memasukkan orang ke dalamnya kemudian memainkan catur. Karen trik ini tidak terbongkar makanya The Turk menjadi boneka mekanik yang diliputi misteri.

Dalam sulap, trik adalah nyawa. Jika triknya ketahuan, sulap akan kehilangan pesonanya. Pesona mistis serta sensai keajaiban yang terlahir dari sebuah trik.
Seperti halnya sulap yang bercahaya karena triknya gak ketahuan.
Boneka karakuri juga begitu.

Misteri yang melingkupinya adalah nyawa.

Sumber: Motohiro Katou, “The Turk – C.M.B. Vol. 07”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar